
SURAKARTA – Gelar karya P5 merupakan aksi nyata yang dilakukan oleh para siswa pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Gelar karya juga sebagai wadah untuk mengaktualisasikan hasil karya para siswa dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.
Pada tahun ajaran 2022/2023 ini, SDIT Alif Smart Surakarta menggunakan kurikulum merdeka di kelas I dan IV. Tema yang diambil di semester 1 adalah kearifan lokal, sedangkan tema di semester 2 adalah kewirausahaan.

Pada semester pertama, para siswa membuat miniatur rumah adat dari stik es krim. Pada tema kearifan lokal ini diharapkan para siswa lebih mengenal dan mencintai keragaman budaya di Indonesia. Sedangkan tema pada semester kedua adalah kewirausahaan yaitu pembuatan handycraft dari botol plastik bekas dan dijual saat kegiatan gelar karya.

Gelar karya P5 SDIT Alif Smart dilaksanakan pada hari Jum’at, 26 Mei 2023 di halaman sekolah. Hasil karya yang dipamerkan adalah hasil karya para siswa kelas I dan IV saat proyek yang biasanya dilaksanakan pada hari Jum’at sebagai bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).
Acara gelar karya ini dimeriahkan oleh stand-stand kelas I dan IV. Orang tua juga dilibatkan dalam dekorasi stand kelasnya.

Selain hasta karya yang dipamerkan, pada gelar karya ini juga ada pementasan seni untuk menyalurkan bakat para siswa. Pementasan seni tersebut antara lain pementasan gerak dan lagu “Padhang Bulan” oleh siswi kelas 1, gerak dan lagu “Pelajar Pancasila” oleh siswa dan siswi kelas IV, serta gerak dan lagu “Prau Layar” oleh siswa dan siswi kelas IV.
Setelah tampilan, para siswa melakukan market day di masing-masing stand kelasnya. Mereka menjual berbagai produk daur ulang botol plastik yang diubah menjadi gantungan kunci, celengan, mainan gasing, mobil-mobilan. Orang tua, guru, serta siswa kelas lain berkeliling melihat stand. Para siswa terlihat sangat bahagia saat hasil karyanya dipuji dan dibeli.
Adanya gelar karya ini diharapkan dapat melejitkan potensi para siswa sehingga mereka dapat memperoleh pembelajaran yang bermakna.
Comments